April 20, 2024

Buckethead adalah seorang gitaris, penulis lagu, dan multi-instrumentalis asal Amerika Serikat yang terkenal karena permainan gitar elektriknya yang inovatif. Musiknya mencakup beberapa genre, termasuk metal progresif, funk, blues, bluegrass, ambient, dan musik avant-garde. Ia tampil terutama sebagai artis solo, meskipun ia telah berkolaborasi dengan berbagai artis seperti Bill Laswell, Bootsy Collins, Bernie Worrell, Iggy Pop, Les Claypool, Serj Tankian, Bill Moseley, Mike Patton, Viggo Mortensen, That 1 Guy, Bassnectar, dan Skating Polly. Ia juga pernah menjadi anggota Guns N’ Roses dari tahun 2000 hingga 2004. Ia telah merekam 435 album studio, empat rilis khusus, dan satu EP. Ia juga telah tampil di lebih dari lima puluh album oleh artis lain.

Kehidupan Awal dan Karier
Buckethead lahir dengan nama Brian Patrick Carroll pada tanggal 13 Mei 1969 di Pomona, California. Ia mulai bermain gitar pada usia sebelas tahun setelah melihat pertunjukan gitaris Angus Young dari AC/DC di televisi. Ia kemudian belajar gitar dari berbagai sumber seperti video instruksional, majalah gitar, dan rekaman gitaris favoritnya seperti Eddie Van Halen , Randy Rhoads , Yngwie Malmsteen , Paul Gilbert , Steve Vai , Joe Satriani , dan Michael Schenker . Ia juga terinspirasi oleh musik film horor seperti Halloween , The Texas Chain Saw Massacre , dan The Exorcist .

Buckethead mulai tampil secara publik pada tahun 1988 dengan nama The Deli Creeps , sebuah band yang ia bentuk bersama teman-temannya Maximum Bob (vokal), Pinchface (drum), dan Tony Black (bass). Band ini menampilkan gaya musik yang menggabungkan metal , punk , rockabilly , dan humor . Band ini juga menampilkan penampilan panggung yang aneh dan teatrikal dengan Buckethead mengenakan topeng putih polos dan ember KFC di kepalanya. Buckethead mengatakan bahwa topeng itu melambangkan rasa malunya dan ember itu melambangkan penghormatannya kepada para korban ayam yang dibunuh oleh KFC.

Karier Solo dan Aktivitas Lain
Selain berkarier sebagai anggota The Deli Creeps dan Guns N’ Roses , Buckethead juga terlibat dalam berbagai aktivitas lain sebagai musisi solo dan kolaborator. Ia telah merilis beberapa album solo dengan nama Buckethead atau Death Cube K (anagram dari Buckethead). Beberapa album solo terkenalnya adalah Bucketheadland (1992), Giant Robot (1994), Colma (1998), Monsters and Robots (1999), Electric Tears (2002), Enter the Chicken (2005), Crime Slunk Scene (2006), Pepper’s Ghost (2007), Decoding the Tomb of Bansheebot (2007), Albino Slug (2008), A Real Diamond in the Rough (2009), Needle in a Slunk Stack (2009), Shadows Between the Sky (2010), Electric Sea (2012), Pike Series (2011-2017), Healing Inside Outside Every Side (2020), and Bucketheadland 5-13 10-31 (2021).

Ia juga telah berkolaborasi dengan beberapa artis dan band lain seperti Praxis , Cornbugs , El Stew , Colonel Claypool’s Bucket of Bernie Brains , The Frankenstein Brothers , Science Faxtion , Thanatopsis , Serart , Gorgone , Brain and Brewer , Travis Dickerson , Viggo Mortensen , That 1 Guy , Bassnectar , Skating Polly , Dan Monti , Bryan Mantia , Bill Laswell , Bootsy Collins , Bernie Worrell , Iggy, Pop, Les Claypool, Serj Tankian, Bill Moseley, Mike Patton, dan banyak lagi.

Gaya Bermain dan Peralatan
Buckethead dikenal sebagai gitaris yang sangat kreatif dan serbaguna dengan menggunakan teknik-teknik gitar yang beragam seperti alternate picking, sweep picking, tapping, legato, hybrid picking, whammy bar tricks, kill switch effects, nunchucks, robot dancing, dan lain-lain. Musiknya mencerminkan pengaruh-pengaruh dari berbagai genre seperti metal , funk , blues , bluegrass , ambient , avant-garde , musik film , musik dunia , musik klasik , dan musik elektronik . Ia juga dikenal karena kemampuannya untuk berimprovisasi dan menciptakan lagu-lagu di tempat
Buckethead menggunakan gitar Gibson Les Paul sebagai gitar utamanya. Ia juga memiliki beberapa gitar khusus seperti gitar berleher ganda Jackson Y2KV Double Neck dan gitar berleher tujuh Vigier Excalibur Seven String. Ia juga menggunakan amplifier Marshall JCM800 dan pedal-pedal seperti Dunlop Cry Baby Wah Wah , Digitech Whammy , Boss DD-3 Digital Delay , MXR Phase 90 , MXR Micro Amp , MXR 10 Band EQ , MXR Blue Box , Line 6 FM4 Filter Modeler , Line 6 DL4 Delay Modeler , Line 6 MM4 Modulation Modeler , Line 6 DM4 Distortion Modeler , Line 6 AM4 Amp Modeler , Line 6 Verbzilla Reverb , Line 6 Echo Park Delay , Line 6 ToneCore Dr. Distorto Distortion/Feedbacker , Line 6 ToneCore Otto Filter Auto Wah/Envelope Filter , Line 6 ToneCore Constrictor Compressor/Sustainer , Line 6 ToneCore Uber Metal Distortion , Line 6 ToneCore Liqua Flange Flanger/Chorus/Vibrato , Line 6 ToneCore Roto Machine Rotary Speaker Simulator , Line 6 ToneCore Tap Tremolo Tremolo/Panner/Vibrato , Line 6 ToneCore Space Chorus Chorus/Flanger/Vibrato

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *