March 29, 2024

Angelo Batio adalah seorang gitaris, penyanyi, penulis lagu, dan produser asal Amerika Serikat yang terkenal sebagai salah satu gitaris tercepat dan paling terampil di dunia. Ia pernah menjadi gitaris utama untuk band glam metal Los Angeles Nitro pada akhir 1980-an dan awal 1990-an. Ia saat ini menjadi gitaris tur untuk band heavy metal Amerika Manowar. Karya Batio mencakup banyak genre, tetapi ia paling dikenal karena memainkan heavy metal dan subgenre-subgenrenya seperti neoclassical metal, speed metal, shred guitar, dan instrumental rock.

Batio memiliki pengetahuan musik yang maju, memiliki pemahaman mendalam tentang kombinasi skala yang kompleks dan tanda waktu yang membantunya dalam komposisinya. Ia sangat dikenal karena penguasaan teknisnya atas fretboard dan picking dan arpeggio sweep picked yang sangat cepat. Ia juga dikenal karena kepiawaiannya selama pertunjukan, terutama penggunaan teknik “MAB Over Under” yang ia ciptakan dan kemampuannya untuk memainkan gitar berleher ganda dan berleher empat, menggunakan kedua tangan untuk bermain. Batio juga dicatat karena DVD instruksi gitarnya dalam seri “Speed Kills” yang mengajarkan teknik-teknik shred guitar dan cara “menguasai seni bermain cepat”. Batio dipilih sebagai “Gitaris Shredder Tercepat Sepanjang Masa” oleh majalah Guitar One pada tahun 2003.

Kehidupan Awal dan Karier
Batio lahir dengan nama Michael Angelo Batio pada tanggal 23 Februari 1956 di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Ia mulai bermain piano dan mengarang musik pada usia lima tahun, dan pertama kali bermain gitar pada usia sepuluh tahun. Pada usia dua belas tahun ia sudah bermain di band-band di klub-klub remaja, gereja-gereja, dan pertunjukan, bermain selama 10-12 jam di akhir pekan. Pada usia tiga belas tahun guru gitarnya berkata kepadanya, “Saya tidak bisa mengajari Anda lagi. Anda lebih cepat pada usia tiga belas tahun daripada saya pada usia 22.” Ia mulai mendengarkan dan menonton profesional dan duduk dan mencoba menyelesaikan riff dan lagu-lagu.

Ia menghadiri Northeastern Illinois University dan meraih gelar Sarjana Seni dalam Teori Musik dan Komposisi. Setelah ia lulus, Batio mencari pekerjaan sebagai gitaris sesi di kota asalnya. Ketika ia meminta pekerjaan di studio terdekat, ia diberi sepotong musik dan hanya diminta untuk memainkannya. Ia berhasil memainkannya dengan menambahkan improvisasi dan isian sendiri, membuatnya menjadi gitaris panggilan utama studio tersebut. Sebagai pemain sesi, Batio merekam musik untuk perusahaan-perusahaan seperti Burger King, Pizza Hut, Taco Bell, KFC, United Airlines, United Way, McDonald’s, Beatrice Corp. dan tim hoki Chicago Wolves.

Nitro
Batio bergabung dengan Nitro pada tahun 1987 setelah direkomendasikan oleh Jim Gillette , vokalis band tersebut. Ia menjadi gitaris utama dan penulis lagu bersama Gillette untuk band tersebut.
Album pertama yang ia rekam bersama Nitro adalah O.F.R. (Out Fucking Rageous) pada tahun 1989, yang merupakan album glam metal yang menampilkan gaya bernyanyi tinggi Gillette dan permainan gitar cepat Batio. Album ini juga menampilkan lagu-lagu seperti “Freight Train”, “Machine Gun Eddie”, “Long Way from

Home”, dan “Double Trouble”.
<p>Album kedua yang ia rekam bersama Nitro adalah Nitro II: H.W.D.W.S. (Hot, Wet, Dripping with Sweat) pada tahun 1991, yang merupakan album glam metal yang menampilkan gaya bernyanyi Gillette yang lebih rendah dan permainan gitar Batio yang lebih beragam. Album ini juga menampilkan lagu-lagu seperti “I Want You”, “Cat Scratch Fever”, “Rhythm of the Night”, dan “Shot Heard ‘Round the World”.
Nitro bubar pada tahun 1993 setelah Gillette meninggalkan band untuk menikahi Lita Ford . Batio kemudian membentuk band sendiri bernama Michael Angelo Band atau MAB.

Karier Solo dan Aktivitas Lain
Selain berkarier sebagai anggota Nitro dan MAB, Batio juga terlibat dalam berbagai aktivitas lain sebagai musisi solo dan kolaborator. Ia telah merilis beberapa album solo dengan nama Michael Angelo Batio atau MAB. Beberapa album solo terkenalnya adalah No Boundaries (1995), Planet Gemini (1997), Tradition (1999), Lucid Intervals and Moments of Clarity (2000), Hands Without Shadows (2005), 2 X Again (2007), Hands Without Shadows 2: Voices (2009), Intermezzo (2013), Shred Force 1: The Essential MAB (2015), Soul in Sight (2016), More Machine Than Man (2020), dan Speed Kills 2020 (2021).

Ia juga telah berkolaborasi dengan beberapa artis dan band lain seperti Rob Rock , David T. Chastain , Rudy Sarzo , Bobby Rock , Mark Tremonti , George Lynch , Vinnie Moore , Uli Jon Roth , Chris Poland , Jeff Loomis , Rusty Cooley , Guthrie Govan , Andy James , Paul Gilbert , Joe Satriani , Steve Vai , John Petrucci , Yngwie Malmsteen , Zakk Wylde , Eddie Van Halen , Randy Rhoads , Dimebag Darrell , Tony Iommi , Angus Young , Jimi Hendrix , Eric Clapton , Jeff Beck , Stevie Ray Vaughan , Johnny Winter , Jimmy Page , Joe Perry , George Harrison , B.B. King

Gaya Bermain dan Peralatan
Batio dikenal sebagai gitaris yang sangat cepat dan akurat dengan menggunakan teknik-teknik gitar yang canggih seperti alternate picking, economy picking, sweep picking, string skipping, tapping, legato, hybrid picking, chord melody, polyrhythm, polymeter, odd time signatures, microtonality, extended range guitar, fretless guitar, double-neck guitar, quad-neck guitar, over under technique, circular picking technique.

Batio menggunakan gitar Sawtooth sebagai gitar utamanya. Ia juga memiliki beberapa gitar khusus seperti gitar berleher ganda Dean Mach 7 Jet Double-Guitar dan gitar berleher empat Dean Quad Guitar. Ia juga menggunakan amplifier Sawtooth ST-AMP-10 dan pedal Sawtooth Pathos Distortion. Ia juga menggunakan senar Ernie Ball Slinky Cobalt dan pick Dunlop Tortex.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *